Rencana Perahu Kayu Lapis
Kayu lapis kedap air memiliki dampak revolusioner pada pembangunan kapal di abad yang lalu. Sementara perahu yang indah masih dapat dibangun menggunakan konstruksi papan kayu atau papan kayu tradisional, konstruksi perahu kayu lapis jauh lebih cepat, lebih mudah, dan seringkali lebih murah. Untuk pembangun kapal pemula, pembuatan perahu kayu lapis memungkinkan untuk membangun kapal kecil hanya dalam hitungan minggu (atau beberapa akhir pekan) alih-alih bulan yang dibutuhkan dengan sebagian besar konstruksi papan kayu tradisional.
Kayu lapis, terutama kayu lapis laut, adalah bahan bangunan kapal yang sangat baik karena berbagai alasan. Untuk satu, itu stabil secara dimensi, artinya menyusut dan membengkak sangat sedikit ketika terkena perubahan suhu dan kelembaban. Kayu lapis juga sangat ringan jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya dan cenderung berstruktur sangat seragam, yang membuat pengalaman membangun kapal jauh lebih mudah, terutama untuk pemula. Meskipun ringan, kayu lapis juga sangat kuat, mudah dimodifikasi menggunakan alat sederhana, dan sangat cocok untuk melukis dan menempelkannya.
Kayu lapis juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kayu lain yang digunakan dalam konstruksi kayu. Harga lembaran kayu lapis akan tergantung pada jenis kayu lapis yang Anda gunakan untuk konstruksi kapal Anda, tentu saja. Akhirnya, kayu lapis mengapung dengan sangat harga plywood baik, yang tentu saja merupakan kebutuhan mutlak ketika harus membangun kapal.
Namun, ada satu titik kelemahan utama dalam menggunakan kayu lapis. Lapisan end-grain yang terbuka di tepi masing-masing panel akan menyerap air dengan mudah dan ketika menggunakan kayu lapis, Anda harus memastikan bahwa Anda menyegel tepi kayu dan permukaan yang akan menyentuh air dengan sangat baik, biasanya dengan epoksi. Kalau tidak, kayunya akan membusuk, atau lebih buruk lagi, kapalnya akan bocor.
Saat membangun kapal pertama Anda dengan kayu lapis, Anda harus memilih antara lapis pada konstruksi kayu lapis rangka atau jahitan dan lem konstruksi kayu lapis. Metode mana yang Anda gunakan akan didasarkan pada seberapa berpengalaman Anda dengan pengerjaan kayu dan juga pada seberapa cepat Anda ingin menyelesaikan perahu Anda. Konstruksi kapal kayu lapis berbingkai umumnya dibangun terbalik di atas tulang rusuk. Konstruksi jahitan dan lem melibatkan mengikat panel kayu lapis besar bersama-sama dan memperkuatnya dengan fiberglass, tanpa konstruksi jual triplek bingkai. Metode menjahit dan lem lebih cepat, tetapi banyak yang menemukan konstruksi berbingkai sebagai proses yang lebih estetis.
Karena semua kualitasnya yang sangat baik, konstruksi perahu kayu lapis disukai oleh banyak sekolah dan kursus pembangunan kapal. Namun, dengan beberapa rencana perahu kayu lapis yang baik di tangan, Anda tidak perlu menghabiskan ribuan (atau bahkan ratusan) atau dolar untuk bahan pelajaran, karena konstruksi perahu kayu lapis sangat mudah bagi kebanyakan pemula yang membangun kapal untuk belajar.
Komentar
Posting Komentar